Senin, 16 April 2012

Tips Menjadi Teknisi HP Handal

Menjadi teknisi HP mungkin bukan merupakan sebuah cita-cita dimasa kecil kita. Tapi jalan hiduplah yang menjadikan kita sebagai seorang teknisi. Jika anda seorang teknisi HP pemula mungkin tipsa dari saya ini akan sedikit berguna bagi anda. Tips-tips ini merupakan rangkuman dari pengalaman saya sebagai teknisi HP selama 4 bulan. Karena saya juga masih pemula sehingga saya jadikan tulisan ini sebagai pemicu semangat saya untuk lebih maju dan menjadi seorang teknisi yang profesional. Terlebih dahulu saya akan memberikan tips untuk mental anda sebelum tips praktisnya.
Tips mental bagi teknisi HP adalah :

1. Pengetahuan yang cukup meskipun hanya dasarnya
Tentu tanpa pengetahuan kita tidak dapat mngatasi kerusakan HP. Dasar-dasar dari teknik reparasi mesti kita ketahui sebagai bekal awal langkah kita.

2. Jangan takut mencoba
Pengetahuan saja tanpa kita coba mempraktekkan mereparasi HPtentu akan sia-sia dan lama-kelamaan kita akan lupa karena ilmu yang tidak diamalkan ibarat pohon yang tidak berbuah. Karena itu harus seimbang antara Ilmu pengetahuan dan praktek.

3. Selalu Berhati-hati dan teliti
Berbagai kemungkinan bisa terjadi saat mereparasi sebuah HP. Misalnya HP yang semula normal tiba-tiba mati total setelah kita ganti LCD. bahkan benda sekecil baut HP pun harus kita jaga agar tidak hilang karena konsumen bisa saja komplain hanya karena baut HPnya kurang satu.

4. Pantang menyerah
Seringkali kerusakan HP yang tidak kunjung selesai membuat kita putus asa. Bertanyalah saat anda menemukan jalan buntu. Bertanyalah kepada teknisi senior atau searching di internet. Jika anda telah berusaha namun hasilnya masih sama silakan mengembalikan HP kepada empunya.

5. Percaya diri
Bermacam-macam tipe HP dan bermacam-macam pula kerusakannya. Anda tentu tidak bisa hanya mau mengerjakan kerusakan ringan saja. Jika anda mau maju ambilah resiko dan kerjakanlah kerusakan HP yang  tingkatnya sulit menurut anda. Percaya dirilah dan cobalah. Yakini selalu bahwa terkadang fakta tidak sesulit yang kita bayangkan.

6. Bertanggung jawab
Anda tentu tidak ingin melakukan kesalahan dalam bekerja tapi jika suatu saat HP yang anda servis tiba-tiba rusak total karena faktor kesalahan anda maka janganlah berlepas tangan atau memberikan keterangan yang bohong dan bertele-tele kepada pasien kita. Jujur dan bertanggung jawablah karena setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah orang yang berani bertanggung jawab dengan apapun caranya.

7. Selalu berdo'a
Sehebat apapun skill kita tetap Allah yang menentukan keberhasilan usaha kita jadi, jangan lupa berdoa setiap anda memulai pekerjaan.

Demikian sedikit tips yang mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.
Untuk tips prakteknya akan saya lanjutkan pada artikel selanjutnya. Salam sukses.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar atau koreksi silakan tulis disini